KECAMATAN BUNGKU TENGAH,Salufuno ina ao engkeno..

Kecamatan Bungku Tengah yang beribukota di Bungku,  merupakan Ibu kota Kabupaten Morowali dan menjadi pusat pemerintahan di kabupaten Morowali . Kecamatan yang sarat prestasi (terlihat dengan banyaknya penghargaan dan Piala-piala berbagai Lomba,berjejer rapi di Salah satu sudut kantor Camat) ini terus berbenah.
        Upaya-upaya menjadikan Bungku Tengah sebagai landscap kota masadepan Morowali terus dipacu. Perlahan tapi pasti dapat dilihat perbaikan jalan,serta sarana dan prasarana lainnya terus di bangun, perkantoran-perkantoran baru dibangun cukup megah, pasar tradisional lama di kelurahan Matano di pindahkan ke area yang lebih Luas dan strategis di Matansala. Hal ini untuk memacu laju pertumbuhan ekonomi dan pembenahan kawasan ekonomi.


      Proyek terbaru di kecamatan ini adalah upaya membangun masjid Raya Kabupaten Morowali di Kota Bungku, proyek Ini digagas oleh Bupati Morowali, merupakan kerjasama pemerintah dan masyarakat yang menjadi donator. Nantinya orang-orang yang berkunjung ke kecamatan ini dapat melihat Ikon religius masyarakat di daerah ini.
         Berbicara mengenai potensi kewilayahan, Bungku Tengah memiliki prospek sangat cemerlang di berbagai sector, di bidang perikanan dan kelautan Kecamatan Bungku Tengah juga memiliki potensi cukup besar diantaranya perikanan tangkap pelagis besar, pelagis kecil dan demersal (misalnya ikan kerapu). Untuk jenis tangkapan pelagis besar, kecamatan ini termasuk peringkat kedua terbesar jumlah tangkapan setelah Bungku Selatan, potensi lainnya seperti teripang,perikanan tambak, dan kepiting bakau cukup menjanjikan. sedangkan di sector pertanian dan perkebunan Bungku Tengah termasuk juga penghasil padi sawah, namun jumlah produksinya hanya menempati peringkat keenam dari 14 kecamatan yang ada Kab. Morowali.  Jenis komoditas pertanian lainnya adalah jagung, ubi kayu, ubi jalar, dan kacang tanah.
dukungan Bungku tengah untuk mewujudkan SI’E
    Saat ini kecamatan Bungku tengah di pimpin oleh bapak  Chairil Anwar Baduddin. Sosok camat yang sangat merakyat, Hobi Olah raga berat,dan suka makanan tradisional seperti ubi rebús dan jagung ini dalam kesempatan wawancara di kantornya, beliau menekankan bahwa kec. Bungku Tengah adalah Tolak ukur  pembangunan di Kabupaten Morowali.
     Mengomentari Usaha pemerintah daerah dalam mewujudkan Morowali sebagai kabupaten SI’E, beliau memiliki terminologi unik tentang SI’E dalam Bahasa Bungku, Yaitu “Salufuno Ina’ao Engkeno” (Semua/segala bentuknya ada Di simpan).
     “Makna yang ingin disampaikan bahwa Kabupaten Morowali sangat kaya. Segala sector yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat ada di Kabupaten ini. SI’E juga memilki Arti sebagai Lumbung penyimpanan. Dan kecamatan Bungku tengah, mendukung upaya ini dengan serius” demikian ungkap camat yang rendah hati ini.
       Dalam mendukung Upaya Morowali Menjadi Kabupaten agribisnis,kecamatan Bungku Tengah Menjadikan Komoditi Kakao sebagai Andalan. Usaha yang dilakukan pihak kecamatan adalah memberi pengarahan kepada petani ,pengumpul dan pembeli, sehingga tercipta kesepahaman bersama yang saling menguntungkan.
      Komoditas  lainnya yang menjadi perhatian serius  yaitu kelapa, bawang merah, cengkeh, jambu mete, dan Pala. Sedangkan sektor pertambangan juga sangat menjanjikan, terutama nikel dengan luas areal 55.646 Ha, disektor kehutanan diantaranya rotan dan damar. 
      Sarana dan prasarana perhubungan juga terus di genjot, Sektor pariwisata seperti pemandian dan air terjun mempueno dan Tompaika di desa sakita juga memberi sumbangan bagi PAD. Selain itu juga tersedia fasilitas perbankan yaitu BRI, Bank Sulteng dan BPR, Bagi para Wirausahawan.
       Dibalik segala potensi ekonomi yang ada, kecamatan ini juga memiliki potensi bencana sepanjang garis pantai berupa abrasi,dan banjir Kiriman dari daerah aliran sungai di beberapa desa. Kurangnya personil Pegawai (PNS maupun Staf Honorer) di Kantor Kecamatan Bungku tengah, menjadi kendala tersendiri dalam upaya Menjalankan program kerja pembangunan di kecamatan ini. Hal itu terlihat saat kami berkunjung Ke kantor camat. Untuk jabatan sekcam, dan beberapa seksi masih belum terisi, kedepannya di harapkan pihak Pemda Morowali terus mengupayakan dukungan bagi pembagunan kecamatan ini, dan juga masyarakat di kecamatan ini untuk terus memberikan apresiasi dan motivasi demi tercapainya tujuan-tujuan pembangunan secara berkelanjutan.(masyhar)

Komentar

  1. Maju terus kecamatan-ku... banggalah dgn semua SDA dan pembangunan yg ada, namun ada satu fenomena yang akan menjadikan bungku terpuruk yaitu munculnya kafe2 dihampir semua sudut kota, akibatnya miras merajalela, narkoba menjadi incaran anak muda, prostitusi dilegalkan dan segala macam kejahatan tidak terkontrol... sungguh teragisssss.

    BalasHapus
  2. benar sobat... hanya satu kata,bangun negeri dengan hati yang lurus.

    BalasHapus
  3. waduhhh,, ka' aquw siswanya qta alumni 2011...ka', jngan pernah letih mengajar kami atau ade'2 kami yang laen biarpun kami pada bandel2 ya ka',, soalx kami sadar betul tenaga dan pikiran kaka' sngat kami butuhin lbih tepatnya ade2 kami yang masih ada d SMA BHALDA BUNGKU. . .salam & kangenku dengan ibu & bapak guru d SMA BHALDA . . . BHALDA, i love you so much and it is BHALDA will live in my memory and my heart forever. . .

    BalasHapus
  4. terharu mendengarnya,terus belajar dan kembali membangun daerah...we love you too

    BalasHapus
  5. bangga punya 'pevali' yg bisa memperkenalkan labua lewat posting kandia....

    BalasHapus
  6. rifkha princess bhalda28 Oktober 2011 pukul 07.01

    ka' selamat.>krna sdah mnjadi guru yank mmbanggakn bgi kami smua khusus.x ank2 didik ka" d'SMA BAHLDA..ka' trima ksh ats bntuan ka" slama ini sehingga kami dpt lbh memahami dan mndalami ilmu TIK ....ka'teruslah jdi guru yank kmi idolakan truslah m'ngajari kmi jngn biarkn kmi mnjadi slah 1 orng yank gaptek[gagap teknologi]...teruslah berusaha u/ mncerdaskan ank2 bangsa... semoga ka2 dpt mnjadi orng yank baik dank jauh lbh baik lgi dri yank kmi hrapkan,,,LANJUTKAN,,!!!!!BY-ARIESTI EKA PUTRI.KLS 2 SMA BHALDA,,,,

    BalasHapus
  7. Dear Sir; I have an old photo of Bungku of 1910 and I want to send it to your adress.Can you give that tio me via pusaka.tick@tiscali.nl . Thank you. Salam hormat: DP Tick

    BalasHapus
  8. Dear SDir; I have an old picture of Bungku from 1910 and I want to send it to you.Can you;please;give me your adress?Thank you. Salam horm,at: DP Tick pusaka.tick@tiscali.nl

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL SEJARAH TARIAN TRADISI MASYARAKAT BUNGKU “L U M I N D A”

Dunui Makanan Khas Masyarakat Bungku