Sabtu, 16 Oktober 2010

Belajar dan Strategi Komunikasi yang Komunikatif

Belajar dan strategi komunikatif

Pengenalan
Komunikatif strategi sistematis teknik yang digunakan oleh pembicara untuk mengungkapkan makna ketika dihadapkan dengan beberapa kesulitan, dan kesulitan di sini merujuk kepada perintah memadai pembicara dari bahasa yang digunakan dalam interaksi (Faerch & Kasper, 1983:16). Di sisi lain, strategi pembelajaran jangka telah didefinisikan sebagai "keterampilan tingkat tinggi yang mengontrol dan mengatur tugas-lebih spesifik atau lebih praktis dalam keterampilan" (Nisbet & Shucksmith, 1986:26). Berdasarkan definisi yang telah disebutkan sebelumnya, dapat dikatakan bahwa belajar dan strategi komunikatif mengacu pada perilaku belajar bahasa yang memberikan kontribusi langsung maupun tidak langsung untuk belajar. Saya tidak sangat prihatin di sini dengan definisi dari kedua istilah sebanyak Saya prihatin dengan fakta bahwa kebanyakan jika tidak semua non-penutur asli dan pelajar menggunakan bahasa kedua strategi ini sepanjang kedua bahasa mereka / asing belajar .Mereka cenderung menggunakan mereka untuk mengimbangi kurangnya pengetahuan bahasa yang cukup dan untuk mendapatkan diri dari masalah ketika berinteraksi di sasaran yang kedua / bahasa asing. Ini hanya beberapa keuntungan jangka pendek menggunakan strategi belajar dan komunikatif. Bahkan, penggunaan strategi ini berhasil dapat mempromosikan bahasa pembangunan jangka panjang.

Baca selengkapnya »

Label:

Kamis, 14 Oktober 2010

SMA Plus Kesehatan BHALDA Bungku. Bertahan atas nama pendidikan


“Assalamu ‘alaikum Pak “ kalimat indah ucapan salam meluncur dari bibir siswa-siswi pada guru-guru Kontrak yang setiap paginya mengusir keheningan pagi di kompleks SMA Bhalda yang begitu sunyi terpisah dari perkampungan.

Itulah pemandangan sehari-hari yang akan kita jumpai bila berkunjung ke Sekolah Menengah Atas (SMA) Bhalda Plus Kesehatan, di jalan Trans Sulawesi, Letaknya di desa Tofuti, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali.
Letak sekolah yang terbilang jauh dari jalan utama, cukup menguntungkan, sebab kita tidak akan mendengar bisingnya kendaraan bermotor. Sekolah yang di bangun pada tahun 2006 ini terbilang unik, walaupun kurikulumnya tidak berbeda dengan SMA pada umumnya akan tetapi para siswa di SMA BHALDA ini mendapat pelajaran tambahan mengenai kesehatan, seperti dasar-dasar kebidanan, dasar-dasar keperawatan dan pelajaran mengenai kesehatan lainnya plus bahasa arab. Tenaga pengajarnya, para guru kontrak diambil dari para Fresh Graduate di bidangnya masing-masing.

Baca selengkapnya »

Label:

Selasa, 12 Oktober 2010

Jangan Main-Main Dengan Wanita!



Oleh Hermawan Kartajaya
Perbedaan antara Pria dan Wanita sudah sering dibahas dimana mana. Justru karena perbedaan itulah, kemudian pendapat publik memang banyak memihak pada The Man dalam memimpin dunia. Dengan dalih rasionalitas The Man, maka dunia sudah selayaknya dipimpin Pria.
Di dalam alam New Wave yang sangat horisontal ini posisi kaum wanita jadi lebih diuntungkan. Karena Teknologi Web 2.0 memungkinkan terjadinya interaksi secara mudah, sehingga komunikasi bisa bergerak secara dinamis dan multi arah. Wanita yang punya sifat lebih suka berinteraksi dan berkomunitas jauh lebih diuntungkan.
Sedang pria lebih suka berkomunikasi satu arah dan lebih bersifat solitaire. Karena itu, pria suka jadi “lonely at the top.” Mereka jadi kesepian ketika tidak berkomunikasi dengan orang, sedangkan Wanita memang lebih suka berkomunikasi sehingga sering kabablasan.
Tapi justru disitulah kelemahan Pria yang sekaligus juga kekuatan Wanita. Wanita memiliki kekuatan untuk menyebarkan suatu isu ketimbang kaum pria yang lebih suka menyimpannya.

Baca selengkapnya »

Label:

Senin, 11 Oktober 2010

Ciri-ciri seseorang yang mencintaimu...

  1. Orang yang mencintai kamu tidak pernah mampu memberikan alasan kenapa dia mencintai kamu. Yang dia tahu di hati dan matanya hanya ada kamu satu-satunya.
  2. Walaupun kamu sudah memiliki teman istimewa atau kekasih, dia tidak perduli! Baginya yang penting kamu bahagia dan kamu tetap menjadi impiannya.
  3. Orang yang mencintai kamu selalu menerima kamu apa adanya, di hati dan matanya kamu selalu yang tercantik walaupun mungkin kamu merasa berat badan kamu sudah bertambah.
  4. Orang yang mencintai kamu selalu ingin tau tentang apa saja yang kamu lalui sepanjang hari ini, dia ingin tau kegiatan kamu.
  5. Orang yang mencintai kamu akan mengirimkan SMS seperti ’selamat pagi’, ’have fun’, ’selamat tidur’, ‘take care’, dan lain-lain, walaupun kamu tidak membalas SMS-nya karena dengan kiriman SMS itu lah dia menyatakan cintanya, menyatakan dengan cara yang berbeda, bukan “aku CINTA padamu”.
  6. Jika kamu merayakan tahun baru dan kamu tidak mengundangnya ke pesta yang kamu adakan, setidak-tidaknya dia akan menelefon untuk mengucapkan selamat atau mengirim SMS.
  7. Orang yang mencintai kamu akan selalu mengingat setiap kejadian yang dia lalui bersama kamu, bahkan mungkin kejadian yang kamu sendiri sudah melupakannya, karena saat-saat itu ialah saat yang berharga untuknya. dan saat itu, matanya pasti berkaca. karena saat bersamamu tidak selalu terulang.
  8. Orang yang mencintai kamu selalu mengingat setiap kata-kata yang kamu ucapkan, bahkan mungkin kata-kata yang kamu sendiri lupa pernah mengungkapkannya. karena dia menyematkan kata-kata mu di hatinya, berapa banyak kata-kata penuh harapan yang kau tuturkan padanya, dan akhirnya kau musnahkan? pasti kau lupa, tetapi bukan orang yang mencintai kamu.
Baca selengkapnya »

Label:

Dunui Makanan Khas Masyarakat Bungku




Bagi Masyarakat Bungku Kab Morowali sulawesi tengah dan sekitarnya,menyantap Dunui merupakan tradisi kuliner turun temurun,Dinui dari kata "Dui" dalam bahasa bungku yg berarti Sumpit atau lidi atau batang kecil yang berbentuk panjang,diambilnya  kata Dui dalam perbendaharaan kuliner ini ,karena masakan khas dunui biasanya di sajikan kepiring dengan menggunakan "Dui" diputar-putar dan disajikan dipiring . di banyak daerah makanan sejenis ini memiliki nama yang berbeda beda, di papua orang mengenalnya sebagai Papeda, di luwuk sulawesi selatan,orang mengenalnya dengan nama kapurung, di bungku sendiri makanan khas ini menjadi santapan spesial ,apalagi jika ada keluarga yang dari jauh datang,maka dunui menjadi simbol makanan penyambutan, atau moment-moment kekeluargaan lainnya akhir-akhir ini dunui kurang begitu di populerkan dalam ranah kuliner masyarakat bungku, Ibu-ibu PKK dari Bungku dan sekitarnya,kurang mennsosialisasikan makanan khas ini,agar dikenal secara nasional dan internasional,padahal pohon sagu di daerah ini betebaran sepanjang garis dataran Bungku. Sekedar Informasi bahwa makanan khas Dunui terbuat dari tepung sagu Atau di bungku di sebut Rombia. biasanya Dunui di olah dari tepung sagu Segar Maupun Sagu kering, namun pilihan terbaik adalah sagu segar,mengingat teksturnya yang masih lembut, Kami mewawancarai Ina Isa Moru (penduduk kelurahan Marsaoleh), untuk menjelaskan cara pengolahan sagu menjadi dunui,menurut beliau bahwa hakikatnya sagu memilki tekstur yang sangat lembut,akan tetapi untuk mendapatkan dunui yang benar-benar halus biasanya disaring dulu (Tapis) untuk menemukan sagu yang lebih halus lagi, 

Baca selengkapnya »

Label:

Minggu, 10 Oktober 2010

Perbedaan antara Suka, Sayang dan Cinta

Saat kau MENYUKAI seseorang, kau ingin memilikinya untuk keegoisanmu sendiri.
* Saat kau MENYAYANGI seseorang, kau ingin sekali membuatnya bahagia dan bukan untuk dirimu sendiri.
* Saat kau MENCINTAI seseorang, kau akan melakukan apapun untuk kebahagiaannya walaupun kau harus mengorbankan jiwamu.

* Saat kau menyukai seseorang dan berada disisinya maka kau akan bertanya,"Bolehkah aku menciummu?"
* Saat kau menyayangi seseorang dan berada disisinya maka kau akan bertanya,"Bolehkah aku memelukmu?"
* Saat kau mencintai seseorang dan berada disisinya maka kau akan menggenggam erat tangannya...

* SUKA adalah saat ia menangis, kau akan berkata "Sudahlah, jangan menangis."
* SAYANG adalah saat ia menangis dan kau akan menangis bersamanya.
* CINTA adalah saat ia menangis dan kau akan membiarkannya menangis dipundakmu sambil berkata, "Mari kita selesaikan masalah ini bersama-sama. "
Baca selengkapnya »

Label:

Peran Petani dalam Politik Pangan mengevaluasi Cita-cita Morowali menjadi kabupaten si’e 2012

 Oleh : MASYHAR S.IP
Penulis adalah alumni Jurusan Politik Pemerintah Fisip-Unhas
Penggiat Forum Pemuda Morowali (FPM)

“setiap orang memiliki Hak yang sama atas standar kehidupan yang sejahtera baik diri dan keluarganya yang meliputi pangan,pakaian,perumahan dan kesehatan dan kebutuhan pelayanan kesehatan”(Deklarasi PBB tentang Hak asasi manusia,Pasal 25).
Kutipan dari deklarasi PBB diatas adalah sebuah isyarat Global tentang pentingnya arti kesejahteraan bagi setiap individu di muka bumi,salah satu prasyarat kesejahteraan,adalah tercukupinya kebutuhan pangan masyarakat, olehnya diperlukan serangkaian usaha untuk mewujudkan ketercukupan pangan.
 Petani merupakan  ujung tombak ketahanan pangan,namun dibanyak tempat kita saksikan peran petani begitu terpinggirkan,orang-orang hanya melihat tersedianya makanan dan lauk pauk di atas meja, dengan selembaran uang praktis kebutuhan pangan mereka teratasi dengan sekali “shopping” ke mall atau pasar,mereka tidak mau tahu tentang “tekokapuno” urusan penyediaan pangan,lahan,bibit,pupuk dan tetek bengek pertanian lainnya,inilah budaya konsumerisme yang menjalar sampai kepelosok desa. Dalam masyarakat yang kompetitif ini, pilihan-pilihan dan keputusan-keputusan masyarakat dalam kaitannya dengan masalah pemenuhan kebutuhan pangan, tidak bergerak dan digerakkan oleh kebersamaan dan penghargaan atau ketergantungan kepada (jasa) petani.
Pada Keadaan inilah diperlukan sebuah kebijakan politik pangan,dimana Pemerintah/pemerintah daerah sebagai regulator,lewat dinas Pertanian bisa menyusun sebuah kebijakan strategis yang tidak hanya mengandalkan Petani sebagai mesin-mesin Penyedia pangan,tetapi lebih kearah memanusiakan petani sebagai Obyek sekaligus subyek pertanian. Tanpa adanya kedaulatan petani tidak akan terwujud kedaulatan pangan yang sejati. Kedaulatan petani hanya akan terwujud apabila ada pengakuan, pemenuhan, dan perlindungan hak asasi petani. Menurut Deklarasi La Via Campesina Regional Asia Tenggara-Asia Timur tentang Pemenuhan dan Perlindungan Hak Asasi Petani, dalam garis besarnya hak-hak asasi petani meliputi: (1) hak atas kehidupan yang layak, (2) hak atas sumber-sumber agraria, (3) hak atas kebebasan budidaya dan tanaman, (4) hak atas modal dan sarana produksi pertanian, (5) hak atas akses informasi dan teknologi pertanian, (6) hak atas kebebasan menentukan harga dan pasar produksi pertanian, (7) hak atas perlindungan nilai-nilai budaya pertanian, (8) hak atas keanekaragaman hayati, dan (9) hak atas kelestarian lingkungan.

Baca selengkapnya »

Label:

KECAMATAN BUNGKU TENGAH,Salufuno ina ao engkeno..

Kecamatan Bungku Tengah yang beribukota di Bungku,  merupakan Ibu kota Kabupaten Morowali dan menjadi pusat pemerintahan di kabupaten Morowali . Kecamatan yang sarat prestasi (terlihat dengan banyaknya penghargaan dan Piala-piala berbagai Lomba,berjejer rapi di Salah satu sudut kantor Camat) ini terus berbenah.
        Upaya-upaya menjadikan Bungku Tengah sebagai landscap kota masadepan Morowali terus dipacu. Perlahan tapi pasti dapat dilihat perbaikan jalan,serta sarana dan prasarana lainnya terus di bangun, perkantoran-perkantoran baru dibangun cukup megah, pasar tradisional lama di kelurahan Matano di pindahkan ke area yang lebih Luas dan strategis di Matansala. Hal ini untuk memacu laju pertumbuhan ekonomi dan pembenahan kawasan ekonomi.

Baca selengkapnya »

Label: